pertemuan kelima



LATIHAN CARA REGRESI
1.     Least Square :
R^2 =1, maka semakin kuat pengaruh Y terhadap X
2.      Persamaan Regresi linier Sederhana:
Y = a + bX + e
 
y = Nilai yang diramalkan
a = Konstansta
b  = Koefesien regresi
X  = Variabel bebas
e   = Nilai Residu
CONTOH KASUS
Seorang manajer pemasaran akan meneliti apakah terdapat pengaruh iklan terhadap penjualan pada perusahaan-perusahaan di Kota Tangerang, untuk kepentingan penelitian tersebut diambil 8 perusahaan  sejenis yang telah melakukan promosi.
3.      PEMECAHAN
1.    Judul :  Pengaruh biaya promosi terhadap penjualan perusahaan.
2.         Pertanyaan Penelitian : Apakah terdapat pengaruh positif biaya promosi terhadap penjualan perusahaan ?
3. Hipotesis
          Terdapat pengaruh positif biaya promosi terhadap penjualan perusahaan.
4. KRITERIA PENERIMAAN HIPOTESIS
Ho     : Tidak terdapat pengaruh positif biaya iklan terhadap penjualan perusahaan.
Ha      : Terdapat pengaruh positif biaya iklan terhadap penjualan perusahaan.
  Ho diterima Jika
          b ≤ 0, t hitung ≤ tabel
  Ha diterima Jika
          b > 0, t hitung > t tabel. 
 
ANALISIS DATA
  1. Persamaan regresi
  2. Nilai Prediksi
  3. Koefesien determinasi
  4. Kesalahan baku estimasi
  5. Kesalahan baku koefesien regresinya 
  6. Nilai F hitung
  7. Nilai t hitung
  8. Kesimpulan  
  9.  
  1. NILAI PREDIKSI
    ü  Berapa besarnya penjualan jika promosi sebesar 20?
    o   40,082 + (1,497*20)= 70,022
    ü  Berapa besarnya penjualan jika promosi sebesar 16?
    o   40,082 + (1,497*16)=64,034
    ü  Berapa besarnya penjualan jika promosi sebesar 34?
    o   40,082 + (1,497*34)= 90,98
    ü  Berapa besarnya penjualan jika promosi sebesar 23?
    o   40,082 + (1,497*23)= 74,513
    ü  Berapa besarnya penjualan jika promosi sebesar 27?
    o   40,082 + (1,497*27)=80,501
    ü  Berapa besarnya penjualan jika promosi sebesar 32?
    o   40,082 + (1,497*32)= 87,986
    ü  Jika biaya promosi sebesar 1,473
    ü  Jika v.bebas maka tingkat penjualan a, tpi misalnya v. Brtmbah sebesar 1 rp akan meningkatkan tingkat penjualan sebesar 41.52806 + 1,473 (1) +e
    ü  Jika biaya promosi (v.bebas) konstan maka tingkat penjualan sebesar  41.52806 + 1,473 X+e
     
     
     
     
     
     
    KESIMPULAN
    Terdapat pengaruh positif biaya periklanan terhadap volume penjualan.
    IMPLIKASI
                Sebaiknya perusahaan terus meningkatkan periklanan agar penjualan meningkat.
      

     

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ekonometrika 6 : Variabel Dummy

UJI ASUMSI KLASIK (PART 2)

APLIKASI MODEL VAR DAN VECM ( resume W 12 )